Header Ads

https://edukasi-geografi.blogspot.co.id/

Konsep Dasar Geografi



Ada 10 macam konsep geografi. Pengertian konsep geografi sendiri adalah gejala geografi yang konkret yang merupakan hasil keseluruhan interelasi keruangan antara faktor fisik dengan faktor manusia.

Konsep geografi menurut Hasil seminar IGI ada 10 yaitu:

1.      Konsep Lokasi
Konsep lokasi yang memiliki kaitan dengan kedudukan suatu objek di permukaan Bumi yang dapat digambarkan dengan lokasi absolut dan lokasi relatif.
Pengertian lokasi absolut dalam geografi adalah lokasi yang ditunjukkan berdasarkan garis lintang dan garis bujur sistem koordinat.
Sedangkan lokasi relatif berdasarkan kedudukan objek dengan objek lainnya. Contoh Kota Makassar yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan, posisi tersebut dapat berubah tergantung waktu.

a. Lokasi Absolut, Lokasi absolut merupakan letak atau tempat yang dilihat dari garis lintang dan garis bujur (garis astronomis). Lokasi absolut memiliki keadaan tetap dan tidak dapat berpindah letaknya karena berpedoman pada garis astronomis bumi. Pebedaan garis astronomis menyebabkan perbedaan iklim (garis lintang) dan perbedaan waktu (garis bujur).

Contoh lokasi absolut di Indonesia yaitu terletak di antara 6 derajat LU – 11 derajat LS sampai 95 derajat BT – 141 derajat BT. Dari letak absolut (garis astronomis) tersebut dapat dijelaskan bahwa lokasi paling Utara negara Indonesia terletak di 6 derajat LU (Pulau Miangas, Sulawesi Utara), lokasi paling selatan terletak di 11 derajat LS (Pulau Rote, NTT), dst.

b. Lokasi Relatif, Lokasi relatif merupakan tempat atau letak yang dilihat dari daerah lain disekitarnya. Berbeda dengan lokasi absolut, pada lokasi relatif dapat berganti-ganti sesuai dengan objek yang ada di sekitarnya.

Contoh lokasi relatif seperti misalnya dijelaskan bahwa Indonesia terletak di antara 2 benua dan 2 samudera. Lokasi Indonesia menurut lokasi relatifnya yaitu terletak di antara 2 benua yaitu Asia dan Australia, serta terletak di antara 2 samudera yaitu Hindia dan Pasifik. Letak relatif ini dapat berubah-ubah sesuai dengan sudut pandang penggunanya karena lokasi relatif digambarkan melalu objek-objek yang dinamai oleh manusia contohnya nama benua, samudera, pulau, laut, dll.

2.      Konsep Jarak
Konsep jarak mengenal adanya dua jarak yaitu jarak relatif dan jarak absolut. Pengertian Konsep jarak adalah ukuran ruang diantara objek.

a. Jarak Absolut, adalah jarak yang diukur dengan satuan panjang yang resmi.
Contoh : Jarak antara kota A dan kota B adalah 150 km.

b. Jarak Relatif, adalah jarak yang diukur tidak berdasarkan satuan panjang.
Contoh : Jarak antara kota A dan B di tempuh dengan waktu 3 jam menggunakan kendaraan bermotor. 

3.      Konsep Aksesibilitas
Pengertian konsep aksesibilitas adalah kemudahan untuk menjangkau suatu objek yang dimaksud. Ada banyak hal yang memengaruhi aksesibilitas dalam geografi seperti medan, jarak, dan ketersediaan sarana transportasi.

4.      Konsep Pola
Pengertian konsep pola dalam geografi adalah susunan atau persebaran fenomena pada ruang muka bumi.

Contoh, kondisi topografi suatu wilayah akan selalu mempengaruhi pola permukiman serta struktur geologi pada daerah aliran sungai yang mempengaruhi pola aliran sungai.

5.      Konsep Morfologi
Pengertian konsep morfologi dalam geografi adalah bentuk muka bumi yang terjadi akibat proses alam dan juga dipengaruhi oleh aktivitas manusia.

Contoh konsep morfologi dalam geografi adalah bahwa morfologi suatu wilayah di permukaan Bumi akan selalu dipengaruhi oleh tingkat erosi, jenis batuan, penggunaan lahan, dan proses proses geologi.
Konsep morfologi juga dapat mempengaruhi keberadaan manusia yaitu dalam masalah penggunaan lahan.

6.      Konsep Aglomerasi
Pengertian konsep aglomerasi adalah kecenderungan pengelompokan fenomena suatu objek pada suatu wilayah.

Contoh konsep aglomerasi dalam geografi adalah daerah KI atau kawasan Industri seperti KIMA (kawasan Industri Makassar) dan pengelompokkan komunitas penduduk berdasarkan daerah asal ataupun profesi.

7.      Konsep Nilai Kegunaan
Pengertian konsep nilai kegunaan dalam geografi adalah manfaat atau kelebihan yang dimiliki suatu wilayah atau tempat. Nilai kegunaan itu sendiri bersifat relatif karena nilai kegunaan akan sangat berbeda untuk tiap subjek yang memakainya.

Contoh, daerah pesisir pantai Bali yang memiliki ombak tinggi akan memiliki nilai kegunaan lebih bila digunakan untuk lokasi wisata selancar.

8.      Konsep Interaksi dan Interpendensi
Pengertian konsep interaksi dan interpendensi adalah kenyataaan tentang keberadaan suatu wilayah akan memengaruhi wilayah lainnya dan suatu wilayah tidak dapat memenuhi kebutuhannya sendiri. Akibat dari adanya konsep interaksi dan interpendensi dalam geografi adalah terjadinya perdagangan, migrasi, eksport import serta komunikasi antar wilayah.

9.      Konsep Diferensiasi Wilayah
Pengertian Konsep Diferensiasi Wilayah adalah suatu karakteristik yang unik dan khas suatu wilayah yang terjadi akibat interaksi dinamis dari unsur unsur keruangan pada wilayah tersebut.

Contoh konsep diferensiasi wilayah dalam geografi adalah wilayah Indonesia yang berbentuk kepulauan.

10.  Konsep Keterkaitan Keruangan
Pengertian konsep keterkaitan keruangan dalam geografi adalah tentang keberadaan dan perkembangan suatu wilayah terjadi yang berhubungan dengan wilayah lain.
Contoh kebakaran hutan di hutan Kalimantan, dapat menyebabkan terjadinya polusi asap di Malaysia.


Video Materi Konsep Geografi



Diberdayakan oleh Blogger.