Best Practice Menggunakan Metode Star Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan,
Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait
Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Lokasi
|
SMA
Negeri 5 Binjai |
Lingkup
Pendidikan |
SMA |
Tujuan
yang ingin dicapai |
Aksi
1 : Melalui
model pembelajaran Problem Based Learning dan menggunakan media Canva
diharapkan mampu meningkatkan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran Aksi
2 : Melalui
model pembelajaran Project Based Learning dan menggunakan media Canva
diharapkan mampu meningkatkan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran |
Penulis
|
Riki
Andriyatno Sitepu |
Tanggal
|
Aksi
1 : 26 Agustus 2022 Aksi
2 : 16 September 2022 |
Situasi: Kondisi
yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk
dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini. |
Berdasarkan
hasil wawacara dengan beberapa narasumber dan observasi di lingkungan SMA
Negeri 5 Binjai, ditemukan bahwa selama ini dalam pembelajaran yang dilakukan
pendidik terbiasa mengajar dengan metode konvensional tanpa memanfaatkan TIK.
Ada beberapa faktor yang menyebabkan kondisi tersebut diantaranya pendidik
yang sudah tua enggan keluar dari ”budaya” mengajarnya selama ini, kemudian pendidik
yang sudah berusaha memanfaatkan TIK dalam pembelajaran namun belum maksimal.
Sehingga penulis merasa perlu untuk meningkatkan pemenfaatan teknologi dalam
pembelajaran yang akan juga bermanfaat untuk meningkatkan motivasi belajar
dan hasil belajar peserta didik. Praktik
baik ini penting untuk dibagikan agar bisa menjadi inspirasi bagi para
pendidik yang memiliki masalah yang sama dan sebagai motivasi bagi pembaca
menuju keberhasilan. Peran
dan tanggungjawab saya dalam praktik baik ini adalah sebagai peneliti yang
mengidentifikasi masalah kemudian mencari solusi dan melihat efektifitas dari
solusi tersebut. |
Tantangan : Apa
saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang
terlibat, |
Tantangan
yang dihadapi untuk meningkatkan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran
yaitu : · Guru
juga membutuhkan waktu untuk mencari tahu dan mempelajari teknologi atau
aplikasi yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran yang disesuaikan dengan
materi dan karakteristik peserta didik. · Membutuhkan
waktu yang cukup lama untuk mengenalkan teknologi baru yang digunakan dalam
pembelajaran kepada peserta didik. Pihak
yang terlibat dalam praktik baik ini adalah peserta didik, guru dan kepala
sekolah. |
Aksi : Langkah-langkah
apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang
digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber
daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini |
Langkah-langkah :
Strategi
: Peserta didik membawa smartphonenya ke sekolah untuk pembelajaran. Bagaimana
prosesnya : ·
Menyiapkan RPP ·
Menyiapkan bahan ajar ·
Menyiapkan media ajar ·
Menyiapkan LKPD ·
Menyiapkan instrumen penilaian · Menyiapkan petunjuk penggunaan
aplikasi pembelajaran Siapa
saja yang terlibat : ·
Kepala sekolah ·
Peserta didik ·
Orang tua peserta didik ·
Guru Sumber
daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi : ·
Jaringan internet (wifi) ·
Smartphone ·
Laptop ·
Proyektor ·
Listrik |
Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana
dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya
efektif? Atau tidak efektif? Mengapa?
Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang
menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang
dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut |
Dampak
dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan : · Sebagian
besar peserta didik menjadi lebih antusias dalam belajar. Hal ini terlihat
ketika peserta didik aktif dalam berdiskusi kelompok untuk menyelesaikan
LKPD. · Kreatifitas
peserta didik lebih terekspos dari hasil desain presentasi pada aplikasi Canva. · Kemampuan
komunikasi peserta didik meningkat dengan adanya diskusi dan presentasi. · Kemampuan
kolaborasi peserta didik juga terlihat baik dalam menyelesaikan LKPD. Mereka
membagi tugas dan mengerjakan tugasnya dengan penuh tanggungjawab. · Kemampuan
berpikir kritis peserta didik terlihat pada saat mengidentifikasi masalah
pada fenomena geosfer. Strategi
dalam pembelajaran ini cukup efektif walaupun masih perlu perbaikan di
beberapa aspek terutama pada mekanisme presentasi kelompok. Faktor
keberhasilan dari pembelajaran ini terlihat dari beberapa hal yaitu : Meningkatnya
hasil belajar peserta didik dari kemampuan kreatifitas, komunikasi,
kolaborasi dan berpikir kritis. Faktor
ketidakberhasilan dari strategi dalam pembelajaran ini terlihat dari
kurangnya manajemen waktu dalam diskusi kelompok sehingga ada 2 kelompok yang
belum dapat menyelesaikan tugasnya. Pembelajaran
dari keseluruhan proses pada strategi pembelajaran ini adalah : · Peserta
didik tertarik akan inovasi dalam pembelajaran yang belum pernah mereka
alami. · Dengan
pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran dapat mempermudah proses
pembelajaran, membantu siswa dalam memahami materi pelajaran, dapat menarik
perhatian siswa dan dapat meningkatkan mutu pembelajaran. · Untuk
mengatasi permasalahan dalam kurangnya manajemen waktu pada saat diskusi
kelompok, maka untuk siklus berikutnya pendidik berinisiatif untuk
menggunakan CountDown Timer agar peserta didik dapat mengetahui batas
waktu dalam pengerjaan tugas atau LKPD. |
Tidak ada komentar: