Header Ads

https://edukasi-geografi.blogspot.co.id/

Best Practice Menggunakan Metode Star Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 

Lokasi

SMA Negeri 5 Binjai

Lingkup Pendidikan

SMA

Tujuan yang ingin dicapai

Aksi 1 :

Melalui model pembelajaran Problem Based Learning dan menggunakan media Canva diharapkan mampu meningkatkan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran

 

Aksi 2 :

Melalui model pembelajaran Project Based Learning dan menggunakan media Canva diharapkan mampu meningkatkan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran

 

Penulis

Riki Andriyatno Sitepu

Tanggal

Aksi 1 :

26 Agustus 2022

Aksi 2 :

16 September 2022

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

 

 

Berdasarkan hasil wawacara dengan beberapa narasumber dan observasi di lingkungan SMA Negeri 5 Binjai, ditemukan bahwa selama ini dalam pembelajaran yang dilakukan pendidik terbiasa mengajar dengan metode konvensional tanpa memanfaatkan TIK. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kondisi tersebut diantaranya pendidik yang sudah tua enggan keluar dari ”budaya” mengajarnya selama ini, kemudian pendidik yang sudah berusaha memanfaatkan TIK dalam pembelajaran namun belum maksimal. Sehingga penulis merasa perlu untuk meningkatkan pemenfaatan teknologi dalam pembelajaran yang akan juga bermanfaat untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik.

Praktik baik ini penting untuk dibagikan agar bisa menjadi inspirasi bagi para pendidik yang memiliki masalah yang sama dan sebagai motivasi bagi pembaca menuju keberhasilan.

Peran dan tanggungjawab saya dalam praktik baik ini adalah sebagai peneliti yang mengidentifikasi masalah kemudian mencari solusi dan melihat efektifitas dari solusi tersebut.

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

 

 

Tantangan yang dihadapi untuk meningkatkan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran yaitu :

·   Guru juga membutuhkan waktu untuk mencari tahu dan mempelajari teknologi atau aplikasi yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran yang disesuaikan dengan materi dan karakteristik peserta didik.

·   Membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengenalkan teknologi baru yang digunakan dalam pembelajaran kepada peserta didik.

 

Pihak yang terlibat dalam praktik baik ini adalah peserta didik, guru dan kepala sekolah.

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

 

 

Langkah-langkah :

  • Mengidentifikasi aplikasi yang dapat digunakan untuk pembelajaran dan mudah digunakan.
  • Mengenalkan penggunaan aplikasi pembelajaran.
  • Menerapkan pembelajaran dengan memanfaatkan aplikasi yang telah dipilih.

 

Strategi : Peserta didik membawa smartphonenya ke sekolah untuk pembelajaran.

 

Bagaimana prosesnya :

·        Menyiapkan RPP

·        Menyiapkan bahan ajar

·        Menyiapkan media ajar

·        Menyiapkan LKPD

·        Menyiapkan instrumen penilaian

·        Menyiapkan petunjuk penggunaan aplikasi pembelajaran

 

Siapa saja yang terlibat :

·        Kepala sekolah

·        Peserta didik

·        Orang tua peserta didik

·        Guru

 

Sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi :

·        Jaringan internet (wifi)

·        Smartphone

·        Laptop

·        Proyektor

·        Listrik

Refleksi Hasil dan dampak

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

 

 

Dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan :

·   Sebagian besar peserta didik menjadi lebih antusias dalam belajar. Hal ini terlihat ketika peserta didik aktif dalam berdiskusi kelompok untuk menyelesaikan LKPD.

·   Kreatifitas peserta didik lebih terekspos dari hasil desain presentasi pada aplikasi Canva.

·   Kemampuan komunikasi peserta didik meningkat dengan adanya diskusi dan presentasi.

·   Kemampuan kolaborasi peserta didik juga terlihat baik dalam menyelesaikan LKPD. Mereka membagi tugas dan mengerjakan tugasnya dengan penuh tanggungjawab.

·   Kemampuan berpikir kritis peserta didik terlihat pada saat mengidentifikasi masalah pada fenomena geosfer.

 

Strategi dalam pembelajaran ini cukup efektif walaupun masih perlu perbaikan di beberapa aspek terutama pada mekanisme presentasi kelompok.

 

Faktor keberhasilan dari pembelajaran ini terlihat dari beberapa hal yaitu :

Meningkatnya hasil belajar peserta didik dari kemampuan kreatifitas, komunikasi, kolaborasi dan berpikir kritis.

 

Faktor ketidakberhasilan dari strategi dalam pembelajaran ini terlihat dari kurangnya manajemen waktu dalam diskusi kelompok sehingga ada 2 kelompok yang belum dapat menyelesaikan tugasnya.

 

Pembelajaran dari keseluruhan proses pada strategi pembelajaran ini adalah :

· Peserta didik tertarik akan inovasi dalam pembelajaran yang belum pernah mereka alami.

· Dengan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran dapat mempermudah proses pembelajaran, membantu siswa dalam memahami materi pelajaran, dapat menarik perhatian siswa dan dapat meningkatkan mutu pembelajaran.

·  Untuk mengatasi permasalahan dalam kurangnya manajemen waktu pada saat diskusi kelompok, maka untuk siklus berikutnya pendidik berinisiatif untuk menggunakan CountDown Timer agar peserta didik dapat mengetahui batas waktu dalam pengerjaan tugas atau LKPD.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.